Penyakit Kutil Kelamin

Penyakit Kutil Kelamin Wanita Penyakit kutil adalah penyakit yang sudah banyak terjadi pada manusia. Penyakit yang berupa benjolan kecil yang tumbuh di kulit yang biasanya akan terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Kutil dapat tumbuh di berbagai area tubuh manusia. Namun, yang cukup meresahkan adalah pada kutil yang tumbuh di alat kelamin yang mempunyai nama latin condilloma atau genital warts. Kutil kelamin yaitu penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Sifatnya yang mudah menular dengan cepat membuatnya cukup sangat meresahkan. Namun, sebenarnya penyakit kutil kelamin wanita adalah penyakit yang jinak dan dapat di cegah dengan obat kutil kelamin.

Penyakit Kutil Kelamin

Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Meskipun terkesan jinak dan mudah diobati, terdapat resiko yang lebih besar jika terjadi pembiasan pada penyakit ini. Penyakit kutil kelamin wanita bisa saja tumbuh menjadi seperti kembang kol atau bahkan seperti jengger ayam. Kutil di kelamin ini dapat menjadi sangat mengganggu dan bahkan dapat menjadi beban psikologis.

Penyakit kutil kelamin wanita menjadi salah satu jenis yang paling umum infeksi dalam menular seksual. Orang yang aktif melakukan hubungan seksual dapat terinfeksi human papillomavirus (HPV). Akibatnya, penyakit kutil kelamin wanita akan tumbuh pada beberapa titik dalam organ intim mereka. Pada wanita kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian vulva, dinding vagina, leher rahim, dan pada daerah yang berada diantara alat kelamin eksternal dan anus.

Penularan Penyakit Kutil Kelamin wanita adalah melalui hubungan seksual baik melalui oral, vagina maupun anus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang memiliki kutil kelamin atau menggunakan alat pengaman ketika berhubungan seksual. Pada wanita sendiri kadang kutil bisa tumbuh di bagian servik sehingga tidak menyadari kutil telah berkembang dengan pesat. Jika dibiarkan maka akan menyebabkan bintil-bintil kecil pada alat kelamin. Diameter kutil kelamin adalah sekitar 4mm. Penyakit kutil kelamin wanita ini sangat mengganggu bahkan melebih jika terjadi di bagian tubuh lainnya dan bisa menjadi beban psikologis bagi penderitanya. Pada wanita sendiri bukan tidak mungkin kutil kelamin menjadi sumber pemicu kanker serviks.

Gejala Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Ukuran dari kutil kelamin ini sebagian besar berukuran kecil, oleh karena itu bentuk fisiknya tidak terlihat secara kasat mata. Orang yang mengalami atau memiliki kondisi akan merasakan gatal gatal pada bagian genitalnya. Ukuran dari kutil ini akan tumbuh satu persatu, berdekatan letaknya, atau bisa juga membentuk kelompok sehingga bentuknya akan terlihat lebih besar. Kutil yang tumbuh pada bagian genital pria berasa di bagian batang atau ujung penis, bagian anus, serta pada bagian kantung zakar.

Sedangkan kutil yang tumbuh pada bagian genital wanita berada pada bagian dinding vagina, bagian leher rahim, bagian vulva, dan kulit yang berada diantara lubang vagina dan juga lubang anus. Tidak hanya itu, penyakit kutil kelamin wanita  dapat tumbuh dibagian lain selain bagian genital wanita dan pria yaitu pada bagian dalam tubuh seperti mulut atau tenggorokan. Hal ini terjadi ketika seseorang seks oral dengan penderita penyakit kutil kelamin wanita. Walaupun kelihatannya berbahaya untuk kehamilan, namun bagi wanita penyakit kutil kelamin wanita ini tidak dapat menyebabkan kesuburan seseorang.

Penyebab Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Ada beberapa penyebab penting dari kutil kelamin adalah sebagai berikut :

  • Penyebab utama dari kutil genital – Human papillomavirus, yang menginfeksi lapisan atas kulit Anda.
  • Sampai batas tertentu, penggunaan berlebihan tembakau dan alkohol, dapat menyebabkan pembentukan kutil kelamin.
  • Premalignant dan kanker servik ganas pada wanita, juga meningkatkan kemungkinan terjadi kutil genital.
  • Seseorang dengan penyakit menular seksual lebih rentan untuk mendapatkan yang terkena kutil kelamin.
  • Kutil kelamin, paling sering terjadi pada orang yang mengalami kondisi stres.
  • Dalam beberapa kasus, penggunaan pil KB, peningkatan hubungan seksual tanpa menggunakan perlindungan penghalang, banyak pasangan seks, dan melakukan hubungan seks di usia dini, dapat menyebabkan kondisi kutil genital.
  • Sekitar dua pertiga dari orang yang memiliki kontak seksual dengan seseorang yang sudah memiliki kutil kelamin – mengembangkan kutil kelamin sangat mudah.

Cara Mencegah dari Penularan Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Untuk mencegah tumbuhnya kutil pada tubuh, berikut ini merupakan cara dalam mencegah penularan penyakit kutil kelamin wanita :

  • Luluran

Lakukan luluran secara rutin minimal seminggu sekali. Lulur yang berfungsi menyehatkan, menghaluskan, dan menyegarkan kulit. Pilihlah dengan lulur yang terbuat dari bahan alami untuk menghindari kemungkinan terjadinya efek samping.

  • Lakukan imunisasi HPV

Imunisasi itu dapat mencegah penularan virus HPV. Khususnya bagi wanita, imunisasi ini dapat pula mencegah kemungkinan terjadinya kanker leher rahim yang banyak menyerang wanita saat ini.

  • Hindari berganti baju dengan orang lain

Hindari memakai baju yang habis di pakai orang lain. Baju bekas dipakai tersebut dapat menjadi sumber penularan virus HPV.

  • Hindari seks bebas

Virus HPV penularannya melalui hubungan seks. Oleh karena itu, hindari seks bebas. Sebaiknya anda melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sama jangan selalu berganti pasangan yang mudah saja akan menyerang penyakit kutil kelamin wanita.

  • Mandi bersih

Sangat di anjurkan untuk mandi dua kali dalam sehari dengan air bersih dan jangan mandi di sembarang tempat seperti wc umum atau sungai. Gunakan sabun sesuai dengan jenis kulit anda dan pastikan anda mandi dengan menggunakan air bersih sehingga tidak ada sisa sisa kotoran atau sabun yang masih menempel di kulit.

Penyakit Kutil Kelamin Wanita

This entry was posted in Kutil Kelamin. Bookmark the permalink.

Comments are closed.